5 Cara Membangun Pondasi Bisnis yang Kuat Untuk Bisnis Anda

Membangun pondasi bisnis yang kuat merupakan langkah awal untuk memulai membangun bisnis . Membangun bisnis dari nol adalah satu tantangan yang tidak mudah.

Membangun pondasi adalah salah satu kalimat ambigu yang biasanya orang akan langsung tertuju dengan kata rumah , memang benar membangun pondasi itu kata untuk sebuah pembangunan rumah.

Dengan pondasi yang kuat rumah tersebut tidak akan mudah roboh . Sama halnya dalam membangun bisnis pun perlu membangun pondasi bisnis yang kuat agar bisnis yang akan anda jalani dapat bertahan dan bisa berkembang .

 

Membangun pondasi bisnis yang kuat

Terus apa yang bisa membuat pondasi bisnis menjadi kuat ?

Nah berikut beberapa cara membangun pondasi bisnis yang kuat untuk bisnis anda

1.Produk

Produk menjadi salah satu pondasi utama yang harus anda pikirkan dan siapkan , dengan adanya rencana produk yang sudah anda pikirkan maka anda bisa berlalih ke pondasi lainnya .

Namun sebelum menentukan produk yang benar benar ingin anda pasarkan , perlu melakukan analisis terhadap produk yang akan anda jual , beberapa pertanyaan yang harus anda jawab tentang produk yang akan jual .

Beberapa pertanyaan yang bisa anda jawab sendiri tentang produk yang akan anda jual

-Apakah produk anda dibutuhkan ?

-Bagaimana produk anda bisa berbeda dengan kompetitor anda?

-Apa manfaat yang bisa di ambil dari produk yang akan anda jual ?

Jika anda bisa menjawab semua pertanyaan itu semua , berarti anda sudah benar benar memahami tentang produk yang akan anda jual . Sehingga produk yang di jual menjadi produk yang mampu bersaing dengan kompetitor anda .

Dan anda pun tidak akan kesulitan dalam menentukan konten yang akan anda buat tentang produk yang akan anda jual , saat anda menggunakan media sosial sebagai media market jualan anda .

2.Harga

Setelah selesai dengan produk pondasi selanjutnya menentukan harga . Harga juga menjadi pondasi yang harus anda pikirkan dengan mateng sesuai dengan perhitungan bisnis anda .

Namun sebelum anda benar benar menentukan harga , anda harus menjawab beberapa pertanyaaan yang harus anda jawab tentang harga

-Apakah harga yang akan anda tentukan sesuai dengan kualitas produk yang akan anda jual ?

-Apakah sudah kompetitif dengan kompetitor anda ?

-Apakah target market anda mampu menjangkau harga yang akan anda tentukan

Usahakan harga yang akan anda tentukan sesuai dan tepat , karena jumlah harga akan mempengaruhi image ke produk anda .

3.Tempat

Tentukan tempat dimana saja anda akan berjualan , apakah di hanya di media sosial seperti instagram , facebook , tiktok atau di marketplace seperti shopee , lazada , tokopedia , bukalapak dan yang lainnya .

Maka dari itu penting menentukan tempat sebelum memulai bisnis karena setiap tempat masing masing memiliki aturan main sendiri-sendiri .

4.Promosi

Setelah anda menentukan tempat dimana anda kan melakukan jualan online anda , maka langkah selanjutnya anda menyiapkan bahan untuk mempromosikan produk anda .

Jika anda menggunakan instagram maka anda harus memikirkan konten apa saja yang harus anda buat untuk bisnis anda . Konten apa yang bisa menarik calon costomer anda sehingga mereka tertarik dengan produk anda .

Selain konten yang menarik anda pun harus menyiapkan copywriting terhadap postingan produk anda , jika di pondasi awal anda sudah menjawab semua pertanyaan tentang produk anda .

Maka anda tidak akan kesulitan membuat copywriting terhada produk yang akan anda jual .

Saat anda menentukan tempat berjualan di media sosial instagram anda bisa menggunakan fitur instagram ads iklan berbayar untuk mempromosikan produk anda sesuai dengan target market anda .

5.Mental yang kuat

Setelah keempat pondasi telah anda lakukan , selanjutnya anda melatih mental agar kuat , dengan mental yang kuat anda bisa menjalankan semua pondasi tersebut , namun jika mental anda lemah maka pondasi yang sudah anda bangun tidak akan menjadi sempurna .

Maka dari itu latih mental agar lebih kuat ketika menghadapi masalah yang terjadi diluar kendali anda . Sehingga dengan mental yang kuat maka keempat pondasi pun akan menjadi sempurna .

Nah itulah beberapa cara membangun pondasi bisnis yang kuat untuk bisnis anda .

Dengan pondasi yang kuat anda akan tetap teguh dalam menjalankan bisnis anda , namun jika sebaliknya pondasi nya tidak kuat maka anda akan mudah menyerah ketika ada yang tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan .

 

Sekian semoga bermanfaat^^

 

 

Siti Holipah

Berusaha memberikan informasi yang bermanfaat , semoga artikel ini menjadi jawaban untuk anda semua :)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *