Quarter Life Crisis Kebingungan Kehidupan Di Usia 20 Tahun-an Dan Cara Menghadapinya

Quarter life crisis kebingungan kehidupan pada masa dewasa awal , berada pada usia 20 tahun-an merupakan fase dimana kamu menyadari bahwa kamu bukanlah anak abg lagi .

Bahkan kamu dituntut keadaan untuk menjadi seseorang yang dewasa siap tidak siap kamu telah memasuki masa dewasa awal .

Jika flashback kemasa kecil menjadi sosok dewasa adalah sosok yang kamu inginkan . Bahkan kamu sudah tidak siap ingin menjadi sosok orang dewasa dengan ekspetasi menjadi orang dewasa sangatlah menyenangkan .

Namun kenyataan nya saat ini kamu berada di masa itu masa dimana yang kamu inginkan sejak dulu tidak semudah dan seindah yang kamu bayangkan ketika kamu masih kecil .

Quarter life crisis

Menjadi sosok dewasa ternyata cukup berat karena kita sedang mengalami transisi dari masa remaja ke masa dewasa yang mana beban di pundakmu harus kamu pikul sendiri .

Dan secara tidak langsung kamu sedang mengalami quarter life crisis , quarter life crisis bisa di artikan sebagai masa pencarian jati diri  . Masa krisis ini terjadi pada kisaran umur 20 sampai 30 tahun .

Pengertian Quarter life crisis

Quarter life crisis adalah perasaan dimana seseorang merasa bingung , galau , khawatir , takut , tidak berani ambil resiko dan tidak tahu tujuan hidup untuk masa depannya  .

Tidak bisa di pungkiri memang hal tersebut sering kita alami bukan ? Ya kita sering bingung terhadap kehidupan kita sendiri . Kehidupan yang seharusnya kita jalanin itu baiknya seperti apa .

Bukan tentang jati diri quarter life crisis ini pun berkaitan kepada hubungan kamu , entah dengan teman teman yang mulai menghilang satu per satu , hubunganmu berakhir kandas tiba tiba dengan sepihak atau pasangan hidup yang sulit ditemukan .

Quarter life crisis kehidupan kebingungan dewasa awal

Hal hal tersebut membuat kamu tambah setress semakin bingung dengan kehidupan yang kamu jalanin . Kamu ngerasa hidup yang kamu jalanin begitu hampa dan kosong .

Karena mungkin saat kamu masih kecil ketika melihat orang dewasa mereka identik dengan pasangan .

Namun saat kamu memasuki fase dewasa apa yang kamu bayangkan sejak kecil itu tidaklah kamu rasakan malah kamu semakin bingung dengan perasaan diri kamu sendiri .

Terlebih dijaman sekarang jaman serba canggih segala sesuatu informasi dapat kita lihat dalam genggaman tangan kita cuma dalam hitungan detik .Hal itu termasuk salah satu penyebab kamu mudah mengalami quarter life crisis ini .

Dengan kamu aktif di sosial media lalu kamu membuka satu persatu insta story orang . Lalu kamu berpikir wah hidup dia enak ya , pasangan ada , temannya banyak , karir nya lancar , dan yang lainnya .

Maka secara tidak langsung itu membuat kamu berada dalam fase krisis ini . Kamu akan merasa insecure dan itu yang membuat kamu sulit keluar dan menghadapi fase krisis ini .

Alhasil kamu semakin merasa hidup mu tertinggal , sering mengalami insecure , takut membuat keputusan keputusan besar untuk hidup mu , menarik diri dari kehidupan sosial media , merasa tidak pantas untuk siapa siapa atau tingkat gengsi yang semakin tinggi .

Berikut cara menghadapi fase quarter life crisis kebingungan kehidupan pada dewasa awal

1.Kenali diri sendiri

Mengenal ulang diri  , apa yang kamu mau dalam hidup kamu , hal apa yang membuat kamu marah tiba tiba terus down , dan hal apa juga yang membuat kamu senang .

Karena dengan mengenal diri sendiri lebih dalam itu memudahkan kamu untuk menghadapi masa krisis ini .

2.Batasi main sosial media

Sebaiknya kamu batasi bermain sosial media ini karena hal ini berpengaruh terhadap jalan pikiran kamu . Hindari melihat lihat postingan yang akan membuat kamu berpikir bahwa kamu tidak seberuntung hidup orang .

Bermain sosmed

Sebaiknya kamu gunakan dengan bijak sosial media mu dengan melihat para motivator yang akan membuat kamu termotivasi untuk hidup yang lebih baik .

3.Sabar atas prosesmu

Ingat setiap orang memilki waktu nya masing masing , maka sabar adalah salah satu kunci agar kamu bisa tetap jalani apa yang sedang kamu jalani seperti fokus terhadap pencarian jati diri kamu .

Terus berproses hingga waktu membutikan bahwa kamu telah sampai di titik dimana yang kamu impikan sehingga kehidupan yang akan kamu jalani dimasa depan sudah terlihat jelas titiknya .

4.Berhenti bandingkan diri dengan orang lain

Nah disini kenapa harus membatasi main sosial media tujuaannya agar kamu bisa berhenti membandingkan hidup kamu dengan hidup orang lain .

Karena jika kamu terus membandingkan hidup mu maka kamu tidak akan pernah menghargai sesuatu yang telah kamu lakukan dan miliki .

5.Berani ambil resiko

Cobalah untuk berani bertindak lakukan banyak hal yang akan membuat hidup kamu menjadi bermakna . Jangan takut gagal atas apa yang kamu lakukan .

Semakin banyak hal positif yang kamu lakukan semakin terasah juga kemampuan kamu . Hingga pada akhirnya kamu mengetahui dimana skill kamu sebenarnya .

6.Cari dan gali potensi diri

Setiap orang diciptakan dengan segala kekurangan dan kelebihannya . Pastikan diri kamu mencari dan menggali potensi yang ada pada diri kamu lalu kembangkan .

Sehingga saat kamu tertinggal kamu tidak akan terlalu khawatir karena kamu telah menemukan potensi diri bahwa passion kamu di bidang tersebut  .

Maka kamu hanya perlu fokus dan konsisten terhadap pengembangan potensi kamu .

Nah itulah beberapa cara untuk menghadapi fase quarter life crisis .

Kesimpulannya

Kebingungan menjalani kehidupan di usia 20 tahun-an itu sangatlah wajar karena mungkin yang biasa hidup buat sekedar senang senang sekarang harus mulai serius jalani kehidupan .

Maka kamu harus siap menghadapi fase quarter life crisis ini dan menjalani nya . Dengan itu semoga cara cara diatas bisa membantu kamu menghadapi masa masa sulit kamu saat berada di fase QLC .

Sehingga kamu dapat menjalani masa dewasa kamu dengan tenang , tanpa rasa takut yang berlebih , gelisah atau galau akan kehidupan masa depan mu .

Penting juga belajar menerima bahwa segala sesuatu tidak bisa berjalan sesuai dengan apa yang kamu harapkan dan sesuai dengan yang kamu rencanakan .

Kehidupan yang baik adalah kehidupan yang mengikuti jalan’ filosofi Taoism

Jadi jalani dan selesaikan apa yang kamu pilih , soal pasangan percaya dan yakin bahwa Tuhan telah menciptakan di bumi secara ber pasang pasangan jadi jangan terlalu bingung dan galau soal pasangan so let it flow .

Sekian semoga bermanfaat^

Semangat yang lagi menjalani masa krisis ini.

Siti Holipah

Berusaha memberikan informasi yang bermanfaat , semoga artikel ini menjadi jawaban untuk anda semua :)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *