17 Tips Awal Merintis Usaha dari Nol Sampai Sukses Untuk Pemula

Tips awal merintis usaha

Tips awal merintis usaha- Merintis usaha dari nol sampai sukses adalah mimpi setiap pengusaha pemula yang masih awal merintis usaha nya .

Mewujudkan impian merintis usaha dari nol membutuhkan strategi memulai usaha dengan tepat .

Bahkan yang sudah sukses pun masih tetap di hadapkan dengan yang namanya masalah . Tapi anda jangan takut dulu , itulah perjuangan merintis usaha yang ingin anda bangun tersebut .

Baca juga yuk : Rintangan pebisnis pemula yang harus anda hadapi

Untuk menjalani perjuang tersebut , anda harus memiliki strategi memulai usaha agar usaha yang anda rintis dapat berjalan dengan semestinya .

Tips awal merintis usaha dari nol

1. Meyakinkan diri anda

Misal anda ingin beralih profesi dengan menjadi pengusaha sendiri , anda harus meyakinkan diri anda bahwa anda mampu dan siap dengan segala konsekuensi yang anda pilih .

Jika diri anda sudah mantap dengan pilihan anda untuk menjadi pengusaha , maka dengan senang hati anda menjalani usaha yang akan anda rintis ini.

2. Menabung setiap bulan

Memulai usaha dari nol dibutuhkan modal , modal ini sebaiknya menggunakan uang simpanan diluar kebutuhan anda . Dengan itu anda harus menabung setiap bulannya dari gaji kerja anda .

Namun penuhi dulu kebutuhan anda terlebih dahulu , baru anda sisihkan untuk menabung lakukan hal ini secara rutin per bulannya .

3.Cari penghasilan tambahan

Awal merintis usaha dari nol pasti nya akan membutuhkan modal yang besar , agar modal anda cepat bertambah . Solusinya adalah dengan mencari usaha sampingan .

Baca juga yuk : 50 jenis usaha sampingan untuk semua profesi

Semakin cepat modal terkumpul , maka akan semakin cepat anda mewujudkan mimpi anda yaitu merintis usaha sendiri .

4.Memulai bisnis dari yang anda sukai

Mulai lah merintis usaha dari yang anda sukai . Memulai dari apa yang anda sukai merupakan salah satu strategi memulai usaha yang akan memudahkan anda merintis usaha .

Melakukan sesuatu yang di sukai itu akan terasa lebih energic dan menyenangkan . Beda saat anda melakukan sesuatu yang tidak anda sukai .

Itu bisa membuat usaha anda sulit untuk berkembang mungkin anda juga akan lebih mudah merasa lelah dan berhenti di tengah jalanĀ  .

Sukses pun bisa diraih jika anda menyukai apa yang anda kerjakan .

5.Pelajari minat konsumen

Tips awal merintis usaha paling penting adalah pelajari minat konsumen .

Setelah anda memulai usaha yang anda sukai , langkah selanjutnya adalah analisa minat konsumen .

Point ini merupakan point penting untuk memulai merintis usaha dari nol , agar usaha yang akan anda rintis mampu mengikuti perkembangan jaman .

Yaitu dengan cara mengamati hal hal yang sedang di sukai banyak orang , sehingga usaha anda akan lebih relevan dengan minat konsumen anda .

6.Perhatikan kompetitor anda

Merintis usaha dari nol anda harus pandai mengamati kompetitor , perhatikan gerak gerik kompetitor anda .

Setelah itu eksekusi apa yang telah anda amati agar usaha anda nanti mampu bersaing dengan kompetitor anda di pasaran .

7. Tentukan target pasar anda

Tentukan target pasar lalu pahami hal ini dapat membantu anda mencari celah mana yang bisa anda manfaatkan untuk menyiapkan strategi persaingan anda .

Sehingga anda bisa mengetahui produk apa yang relevan dengan target pasar yang anda tuju .

8. Perluas wawasan tentang bisnis

Tips awal merintis usaha dari nol harus di barengi dengan wawasan anda soal bisnis agar usaha yang akan anda jalani tidak salah kaprah .

Perluas wawasan anda pelajari ilmu tentang bisnis sampai ke akar akarnya . Manfaatkan teknologi untuk memperluas wawasan anda .

Seperti membaca berbagai referensi , mengikuti seminar bisnis seperti trik berhasil closing penjualan dan trik trik lainnya serta mengikuti kelas online bisnis .

9.Kreatif

Menjadi seorang yang kreatif adalah salah satu ciri khas dari seorang pengusaha . Apabila sifat kreatif ini tidak ada di dalam diri anda .

Maka anda akan sulit bersaing dengan kompetior karena pesaing anda akan terus berinovasi melakukan inovasi terbaru untuk mempertahankan usahanya .

10. Mulai merintis usaha anda

Setelah semua nya siap baik secara internal maupun eksternal . Konsep usaha yang sudah anda susun . Mulailah aksi anda dengan tindakan nyata .

Realisasikan mimpi anda menjadi seorang pengusaha sukses . Jangan takut dengan rintangan dalam merintis usaha . Jadikan itu sebagai perjuangan merintis usaha anda .

11. Kelola target penjualan setiap bulan

Melakukan penjualan merupakan aktivitas berlangsungnya usaha anda , mencatat kegiatan kegiatan apa yang harus anda lakukan setiap harinya dengan baik .

Membuat target penjualan merupakan yang hal penting , saat anda dapat membuat target penjualan , maka anda akan termotivasi untuk mencapai target target yang telah anda buat .

12. Manfaatkan teknologi

Berada di era digital , kemajuan teknologi yang semakin canggih . Memiliki banyak manfaat untuk berlangsung nya kehidupan kita di dunia . Salah satu nya bermanfaat di bidang transaksi .

Anda bisa memanfaat teknologi ini untuk memudahkan anda menjalankan usaha , salah satu nya digunakan sebagai media promosi usaha anda.

13. Evaluasi

Semua pelaku usaha pasti akan menemukan atau mengalami yang namanya kesalahan di dalam kariernya . Dengan melakukan evaluasi anda bisa segera mengatasi masalah tersebut .

Rutin mengevaluasi membuat anda lebih peka terhadap kesalahan yang terjadi dan lebih bisa menerima bahwa dari kesalahan tersebut anda bisa memetik pelajarannya .

14. Tingkatkan kualitas produk

Penting sekali untuk anda meningkatkan kualitas dari produk anda . Manfaatkan sesi evaluasi untuk meningkatkan kualitas produk anda , berikan inovasi di dalam produk anda agar target pasar tidak bosan dengan produk anda .

15. Jangan takut gagal

Ayolah buang mindset gagal sama dengan anda tidak akan pernah berhasil .

Gagal bukan berarti anda tidak bisa . Pengusaha sukses yang sudah sukses memiliki bisnis dalam skala besar pun pasti pernah mengalami kegagalan.

Mereka pernah kecil sebelum besar , artinya orang orang yang dapat tumbuh dan berkembang dari kegagalan .

Begitu pun dengan anda karena anda takut gagal , akhirnya anda tidak pernah memulai apa yang anda inginkan .

16. Berikan pelayanan terbaik

Pastinya sudah tidak asing lagi dengan kalimat

pembeli adalah seorang raja‘ .

Kalimat tersebut memanglah benar sebagai pebisnis anda harus melakukan pembeli sebagai raja . Berikan pelayanan terbaik kepada konsumen sehingga konsumen nyaman dengan pelayanan anda .

Pelayanan terbaik yang dimaksud adalah sifat ramah terhadap konsumen , solutif untuk setiap permasalah dan informatif .

Karena penilaian konsumen akan membawa dampak yang besar untuk bisnis anda . Jika konsumen puas dengan pelayanan anda maka dia akan menjadi pelanggan anda .

Atau bahkan dia akan mempromosikan bisnis anda kepada teman teman nya .

Namun jika sebaliknya pelayanan anda kurang baik maka bisnis anda pun akan terancam . Karena berita dari mulut ke mulut akan lebih mudah tersebar .

17. Jangan mudah menyerah

Sudah anda sadari saat awal merintis usaha dari nol sampai sukses bukan perkara yang mudah . Karena itu banyak orang yang enggan mewudujkan mimpinya .

Dengan memilih merintis usaha , anda sudah siap dengan segala proses yang ada maka dari itu saat keadaan sulit mulai menghantam anda , tetap kuat pantang menyerah dan tetap konsisten merintis usaha anda .

Nah itulah 17 tips awal merintis usaha dari nol sampai sukses .

Kesimpulan

Tidak ada kesuksesan yang diraih secara mudah , kesuksesan tidak bisa di dapatkan secara instan .

Sama halnya saat anda memulai usaha baru , awal merintis usaha dari nol sampai sukses tidak bisa anda dapatkan dengan mudah .

Namun kesuksesan itu bisa di raih dengan ketekunan anda terhadap mimpi anda dalam merintis usaha dari nol sampai sukses .

Yup yaitu dengan mempraktekan tips awal merintis usaha dari nol di atas .

Leave a Comment