Bisnis Musiman Menggiurkan Jiwa Para Pebisnis

Bisnis musiman

Bisnis musiman merupakan bisnis yang bisa anda coba lho , walaupun bisnis ini bersifat sementara menjalani bisnis musiman ini dapat menggiurkan jiwa para pebisnis .

Di indonesia sendiri mempunyai dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau . Dari kedua bisnis tersebut mempunyai peluang untuk anda yang minat dalam dunia bisnis .

Anda bisa memanfaatkan musim ini untuk membuka peluang usaha anda .

Saat musim kemarau anda bisa membuka peluang bisnis seperti :

  • Menjual makanan dan minuman yang cocok di santap di musim kemarau atau cuaca panas seperti rujak atau salad dan minuman segar
  • Menjual barang elektronik seperti kipas angin atau kipas angin portable yang bisa di bawa kemana mana karena ukurannya yang minimalis nyaman untuk dibawa kemana mana
  • Menjual air bersih karena banyak orang yang kesulitan mendapat air bersih ketika musim panas
  • Membuka jasa pembenaran Ac atau pun kipas angin salah satu peluang usaha di musim panas

Selain itu anda pun bisa membuka peluang usaha di musim hujan seperti :

  • Menjual jas hujan dan payung
  • Menjual makanan dan minuman yang bisa menghangatkan badan yang cocok di santap di musim hujan
  • Menjual cemilan pun masih sangat dibutuhkan musim hujan identik dengan lapar dan ingin nyemil terus
  • Jasa laundry dimusim hujan biasanya cucian numpuk jadi males nyuci karena liat cuaca yang mendung atau pun hujan maka jalan keluarnya mereka akan membutuhkan jasa laundry

Selain musim kemarau dan hujan masih banyak macam macam bisnis musiman di Indonesia yang tidak boleh terlewatkan oleh seorang pebisnis .

Baca juga yuk : 50 jenis usaha sampingan untuk semua profesi

Macam macam bisnis musiman di Indonesia

1. Musim buah buahan

Bisnis buah buahan peluang usaha yang bisa anda coba di saat musim buah tiba . Misalnya saat musim rambutan tiba maka akan banyak orang yang menjual buah rambutan baik di pasar maupun di jalanan .

Mungkin anda pun pernah melihat ketika tiba tiba  banyak pedagang yang berjualan buah buahan di pinggir jalan saat musim buah buahan datang .

2. Musim kenaikan kelas

Kenaikan kelas yang terjadi satu tahun sekolah sekali ini merupakan peluang yang dimanfaatkan untuk para pebisnis .

Seperti menjual peralatan sekolah , marak nya penjual baru yang menjual peralatan sekolah . Entah di pasar maupun di mall .

3. Bulan ramadhan

Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah untuk umat muslim bahkan non muslim pun merasakan berkah dari bulan ramadhan ini .

Seperti tinggi nya minat konsumen terhadap kurma , fashion , kue dan masih banyak lainnya yang ada kaitannya dengan bulan ramadhan dan hari raya idul fitri .

Tentunya momen ini dimanfaatkan untuk para pebisnis untuk meraih keuntungan dengan berkah nya bulan ramadhan .

4. Bisnis kaos dan perlengkapan olah raga

Sebenarnya menjual perlengkapan olahraga ini bisa di lakukan kapan saja . Tetapi ada momen tertentu dimana penjualan tersebut akan mendapatkan banyak pembeli dengan ke untungan yang maksimal .

Seperti saat sedang Piala Dunia , Piala Eropa , Liga Champions dan kompetesi yang berada di dalam negeri .

Bisnis musiman ini sangat menggiurkan lantaran fans atau pun supporter klub tersebut akan membeli pernak pernik yang berhubungan dengan klub nya .

Tidak hanya sepak bola , misal nya bulu tangkis . Terkadang saat sedang ramai kompetisi bulu tangkis , orang yang tidak suka olahraga bulu tangkis pun akan tiba tiba minat terhadap bulu tangkis .

Sehingga membeli pelaratan untuk bermain bulu tangkis karena keterikatan saat nonton kompetisi bulu tangkis tersebut .

5. Bisnis yang sedang viral

Bisnis musiman yang sedang viral tak kalah menggiurkan , biasanya yang viral viral akan menarik banyak konsumen .

Seperti sedang viral di bidang fashion misal vest maka para pebisnis dibidang fashion akan memproduksi vest karena item fashion tersebut sangat banyak di minati .

Dibidang kuliner pun tak kalah ramai nya makanan atau minuman yang sedang viral pun akan banyak mengundang keuntungan .

6. Bisnis di musim pemilu

Di dalam musim pemilu para pebisnis kaos akan melonjak naik peminatnya , dimana para calon yang mencalonkan akan membuatkan kaos untuk para pendukung nya .

Selain kaos pun pebisnis dibidang percetakan akan banyak dibutuhkan dan dicari yaitu untuk membuat banner atau pun spanduk untuk partai tersebut .

Itulah beberapa macam bisnis musiman di indonesia yang bisa menghasilkan banyak keuntungan .

Setelah mengetahui berbagai macam bisnis nya , salah satu faktor bagi seorang pebisnis khusus nya pemula pasti akan merasa bingung .

Bagaimana mempertahankan bisnis yang sedang di jalani ini agar tetap bertahan . Karena yang namanya musiman ini akan mudah berganti seiring berjalannya waktu .

Jawabannya simpel

Anda harus siap menjadi seorang pebisnis musiman yang di tuntut untuk bisa terus mengikuti perkembangan jaman .

Menjadi seorang pebisnis yang fleksibel disetiap momen agar bisa memanfaatkan peluang bisnis musiman ini .

Jadi siapkah anda menjadi seorang pebisnis yang peka terhadap suatu musim tertentu ?

Jika anda sudah siap ada hal yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan untuk bisnis musiman ini .

Hal yang harus di perhatikan untuk memulai bisnis musiman

1. Produk

Produk merupakan langkah pertama dalam memulai bisnis . Produk apa yang ingin anda jual . Produk barang atau produk jasa .

Setelah mengetahui produk apa yang ingin anda jual adalah anda harus mempelajari lebih dalam tentang produk tersebut . Agar produk yang akan anda jual atau tawarkan akan menghasilkan produk terbaik .

Walaupun bisnis ini bersifat musiman kualitas produk harus tetap terbaik agar anda mampu bersaing dengan kompetitor anda di pasaran .

2 . Pemasaran

Tidak lupa juga pemasaran produk yang harus anda perhatikan . Hanya karena musiman anda tidak memperhatikan strategi didalam pemasaran produk anda .

Menggunakan strategi pemasaran akan mempermudah anda untuk mendapatkan sasaran sesuai dengan target anda .

Baca juga yuk : Promosi bisnis online yang di sukai banyak orang

Anda bisa menggunakan pemasaran produk dengan dua cara yaitu secara online dan offline .

Pemasaran secara online akan membantu mengembangkan bisnis anda sedangkan offline dapat membantu anda dalam menjaga hubungan anda dengan konsumen lebih baik lagi .

3. Siapkan modal yang cukup

Langkah selanjutnya adalah siapkan modal yang cukup untuk berbisnis musiman ini . Apabila penjualan anda mendapatkan banyak permintaan dari konsumen maka dengan modal yang cukup anda mampu melayani konsumen anda .

Sehingga bisnis yang dijalani pun akan lancar dan konsumen pun akan merasa puas .

Berbisnis musiman ini sangatlah menggiurkan jiwa para pebisnis karena melihat riset pasar yang akan membawa keuntungan .

Oleh karena itu , terakhir akan membahas bagaimana mendapatkan keuntungan dari berbisnis musiman ini .

Tips agar mendapatkan untung besar dari bisnis musiman

1. Target pasar

Memahami target pasar dapat membantu anda dalam menganalasis kebutuhan apa yang mereka butuhkan dan inginkan . Sehingga anda bisa menyiapkan strategi yang tepat secara maksimal untuk menjangkau calon calon konsumen anda .

2. Harga

Berbisnis musiman memang akan banyak peminat nya , banyak pula kompetitor anda di pasaran . Dibalik banyak nya peminat maka akan lebih selektif juga pembeli dalam membeli produk nya .

Selain itu biasanya akan ada perang harga , sebaiknya anda pikirkan tentang harga ini dengan matang . Dimana harga yang akan anda tentukan dapat bersaing di pasaran .

Tidak terlalu murah karena dapat menurunkan harga pasaran , tetapi anda bisa menentukan harga yang lebih mahal . Dengan produk yang berkualitas sehingga anda lebih unggul dari kompetitor .

Atau pun anda bisa menentukan harga lebih murah namun bisa bersaing tetapi jangan lupakan kualitas dari produk anda jangan sampai pembeli kecewa dengan produk anda .

Karena anda tidak mementingkan kualitas dari produk anda . Hal itu bisa menurunkan citra bisnis anda .

3. Kualitas

Perhatikan kualitas produk , ada harga ada barang . Berikan kualitas terbaik untuk produk anda karena produk yang akan anda jual akan sama dengan kompetitor anda .

Sebaiknya berikan inovasi untuk produk yang akan anda jual , agar konsumen lebih tertarik dengan produk anda .

Eitzzz jangan lupa anda juga harus mengetahui kekurangan dari berbisnis musiman ini . Agar menjadi gambaran kedepannya ketika anda tertarik dengan bisnis musiman ini .

Kekurangan bisnis musiman

1. Banyak saingan

Melakukan usaha musiman tentunya mempunyai banyak kompetitor . Persaingan yang sangat tinggi membuat anda harus lebih berfikir keras bagaimana caranya pembeli membeli produk anda khusus nya untuk pemula .

2. Waktu yang singkat

Menjalankan bisnis ini memiliki waktu yang singkat , dimana peristiwa itu telah selesai maka minat pembeli pun akan berkurang .

Maka bisnis musiman ini lebih cocok digunakan untuk usaha sampingan . Kalau pun menjadi bisnis utama anda harus bisa gerak cepat dalam pergantian musim ini . Untuk melakukan riset pasar kembali .

3. Promosi yang singkat

Jika anda kurang cepat dalam melakukan promosi maka anda akan ketinggalan trend ini , jadi anda harus melakukan promosi yang sangat ekstra untuk mendapatkan posisi teratas di pasaran .

Jadi , apakah anda tertarik untuk mencoba bisnis musiman ini ?

Leave a Comment