Tips Jika Anda Ingin Keluar Dari Zona Nyaman

Keluar zona nyaman

Keluar dari zona nyaman merupakan kebutuhan yang harus di penuhi . Jika sudah nyaman mengapa harus keluar ?

Ada yang berpikir kenapa harus keluar dari zona nyaman , bukankah setiap orang ingin berada di posisi nyaman ?

Melihat dari pertanyaannya sekilas memang benar tidak ada yang salah dengan zona nyaman . Tetapi saat di pikirkan lagi secara mendalam makna keluar dari zona nyaman itu tergantung konteksnya orang seperti apa mendefinisikan zona nyaman tersebut .

Namun biasa nya orang mendefinisikan zona nyaman ini , zona dimana ia belum berhasil menjadi apa yang ia inginkan katakan saja jadi orang sukses . Tetapi sikap nya sudah ingin berada di zona nyaman secara terus menerus .

Ketika anda berada di dalam keadaan dimana mulai terlena dengan zona nyaman anda , berikut tips nya jika anda ingin keluar dari zona nyaman .

Tips keluar dari zona nyaman

1. Miliki niat yang kuat

Memiliki niat yang kuat merupakan pondasi awal yang harus anda bangun . Dengan niat yang kuat orang akan berpontensi besar melakukan nya dengan berhasil .

Apabila digambarkan kedalam satu bangunan jika rumah memiliki pondasi yang kuat maka bangunan ke atas nya pun akan kuat tetapi jika pondasi di awalnya tidak kuat maka bangunan yang atas nya pun akan mudah goyah .

Begitupun dengan niat , niat anda kuat bahwa anda ingin keluar dari zona nyaman ini . Sebanyak apapun rintangan yang bisa membuat anda goyah , anda akan tetap berpegang teguh dengan niat anda.

2. Mencari tantangan yang membuat anda bersemangat

Senang berada di zona nyaman ini biasa nya di sebabkan oleh faktor lingkungan yang membuat anda merasa jenuh atau tidak ada gairah untuk melakukan rutinitas yang biasa dilakukan .

Bosan dengan rutinitas yang itu itu aja , sehingga muncul perasaan mager alias males gerak . Karena tidak bisa di pungkiri rutinitas yang membosankan membuat orang jadi malas melakukannya .

Nah untuk itu cobalah anda mencari atau temukan tantangan yang membuat anda bergairah dan bersemangat melakukannya . Merasa diri anda tertantang , membuat anda termotivasi bahwa anda harus bisa menaklukan tantangan tersebut .

3. Pembatasan bermain sosial media

Membatasi bermain sosial media dengan melakukan hal yang membuat anda senang . Bermain sosial media secara berlama lama dapat membuat anda kecanduan .

Keluar dari zona nyaman

Menghabiskan waktu berjam jam hanya dengan scroll scroll tidak jelas . Kecuali jika anda bisa menggunakan sosmed secara bijaksana seperti untuk keperluan bisnis atau untuk mencari inspirasi .

Jika diluar itu sebaiknya di batasi penggunaanya karena dapat membuat anda sulit untuk produktif dan sulit keluar dari zona nyaman ini .

4. Belajar skill baru

Mulailah untuk belajar skill baru , hal ini dapat menarik anda dari zona nyaman anda . Memulai skill baru yang membuat anda tertarik atau menarik perhatian anda .

Setelah menarik perhatian anda , cobalah untuk menoleh ke arah diri anda , apakah skill ini ada kaitannya dengan passion anda . Sebisa mungkin belajar skill baru itu yang ada kaitannya dengan passion anda .

Agar anda bisa mempertahan skill baru tersebut dan mengembangkan nya menjadi sesuatu yang lebih besar untuk perubahan didalam hidup anda  .

5. Perluas koneksi relasi anda

Mempunyai koneksi relasi yang luas bisa mendatangkan pengaruh yang baik kedalam hidup anda , banyak ke untungan yang bisa anda dapatkan ketika anda mempunyai banyak relasi .

Misal relasi anda seorang ambisius maka secara tidak langsung anda pun akan terbawa pengaruh mereka karena anda berada di dalam lingkungannya  .

6. Hadapi rasa takut

Terkadang alasan orang malas keluar dari zona nyaman nya sendiri itu , menghindari perasaan takut yang tidak ingin ia alami . Rasa takut akan membuat orang terus terusan berada di zona nyaman .

Tidak mau mengambil resiko dari apa yang telah ia lakukan , tidak pernah mencoba sesuatu yang baru di dalam hidupnya karena takut gagal dan yang lainnya .

Padahal belum tentu kejadian apa yang telah ia pikirkan . Pikiran pikiran negatif itu lah yang membuat orang menyerah sebelum berjuang .

Maka dari itu cobalah untuk menghadapi rasa takut itu jadilah seorang pemberani walau pun sebenarnya anda takut . Cobalah untuk melakukannya bahwa anda lebih berani dari apa yang anda pikirkan .

Kesimpulan

Banyak alasan kenapa anda harus keluar dari zona nyaman . Semua tergantung diri anda apakah anda akan tetap berada di zona nyaman sebelum waktu nya atau berjuang terlebih dahulu sampai menemukan definisi zona nyaman sebenarnya .

Jika iya ingin keluar dari zona nyaman anda semoga tips di atas bisa membantu anda keluar dari zona nyaman anda .

Ingat pesan dari isi pantun ini

Berakit rakit kehulu

Berenang renang ketepian

Bersakit sakit dahulu

Bersenang senang kemudian .

Leave a Comment