Best 6 Tips Memulai Bisnis Setelah Gagal ! Move On Yuk

Memulai bisnis setelah gagal adalah suatu hal yang seharusnya anda lakukan . Memang tidak mudah untuk memulai bisnis setelah gagal .

Mungkin orang yang sudah memiliki basic bisnis sebelumnya dalam dunia bisnis perkara gagal bukanlah sesuatu yang cukup berat .

Tetapi bagi para pemula yang baru pertama memulai bisnis . Kegagalan merupakan suatu peristiwa yang dapat membuat seseorang merasa down .

Banyak pertanyaan yang muncul didalam pikiran yang bisa membuat orang tersebut menjadi ragu untuk memulai bisnis setelah gagal  .

Memulai bisnis setelah gagal

 

Perlu di ingat dan dicerna kalimat ini secara dalam dalam “kegagalan bukanlah akhir dari segalanya” . Gagal jadi pebisnis bukan berarti anda tidak bisa menjadi seorang pebisnis .

Maka dari itu kegagalan yang anda dapatkan hari ini , jadikan itu sebagai motivasi untuk anda memulai bisnis setelah gagal dan mencoba kembali .

Berikut tips memulai bisnis setelah gagal yang bisa anda coba

1.Lakukan riset dan analisis mendalam

Melakukan riset didalam bisnis itu sangatlah penting untuk berlangsung nya bisnis anda . Melakuan riset pasar adalah salah satu bagian paling penting untuk membangun bisnis anda .

Melakukan riset akan membuat anda mengetahui tentang gambaran produk anda dipasaran . Apakah produk anda akan berhasil diterima di pasaran dan memenuhi kebutuhan calon konsumen sehingga dapat memberikan keuntungan untuk bisnis anda .

Setelah itu anda dapat menganalisis nya secara dalam sehingga bisnis anda dapat berjalan dan lebih siap untuk mengelola bisnis anda .

Dengan melakukan riset dan analisis anda menjadi memiliki navigasi untuk menjalankan bisnis anda . Sehingga anda tidak akan terlalu sulit untuk menentukan kemana arah jalan bisnis anda yang ingin anda bangun .

2.Modal yang cukup

Setelah melakukan riset tentunya anda harus menyiapkan modal yang cukup . Modal yang cukup bisa menunjang bertahan nya bisnis anda . Dengan modal yang cukup anda bisa mengatasi masalah masalah yang akan terjadi diluar kendali anda .

Misal saat keuntungan yang anda dapatkan tidak bisa menutupi modal maka tentunya anda perlu mengeluarkan modal lagi .

Dan yang paling sering ditemukan didalam kasus bangkrut nya bisnis seseorang adalah kurangnya modal sehingga dia tidak bisa menutupi kerugian yang ada .

Namun jika anda memiliki modal yang cukup anda bisa mempertahankan bisnis anda sampai bisnis anda berada dalam posisi stabil .

3.Belajar dan Mencari mentor yang tepat

Belajar ilmu tentang bisnis merupakan bekal untuk anda bisa menjalankan bisnis dengan benar . Dengan mengetahui ilmu pengetahuan bisnis anda tidak akan terlalu sulit memulai bisnis . Minimal anda mengetahui ilmu basic seputar bisnis .

Selain itu mencari mentor yang tepat membuat anda akan lebih membantu menjalankan bisnis anda , memiliki mentor juga akan menjadikan anda lebih bersemangat dan termotivasi lagi .

Karena dengan memilki mentor anda akan mendapatkan banyak manfaat nya sehingga anda pun tidak akan sulit untuk memulai bisnis kembali .

Berikut beberapa manfaat jika anda memiliki mentor

1.Mempunyai tempat untuk bertanya dan memberikan dukungan

2.Mendapatkan nasihat dari mentor yang telah memiliki banyak pengalaman

3.Meningkatkan keterampilan dan ilmu pengetahuan didalam berbisnis

4.Dapat membantu menambah jejaring profesional yang akan membatu bisnis anda terus tumbuh berkembang

5.Mendapatkan informasi metode dan cara bisnis yang tidak akan ditemui didalam buku buku karena metode tersebut murni dari seorang mentor yang diambil dalam pengalamannya yang sangat berharga yang tidak bisa anda temukan sembarangan .

6.Belajar dan melatih mental untuk lebih kuat menghadapi bisnis dan hal itu dapat anda pelajari dari mentor .

Beberapa tips mendapatkan mentor yang tepat

1.Kenali diri anda terlebih dahulu , dengan mengenali diri anda akan mudah memahami kebutuhan pengetahuan ilmu bisnis yang harus harus anda pelajari . Dengan begitu kemungkinan besar anda akan mudah mengidentifikasi mentor yang tepat sesuai kebutuhan anda .

2.Tidak membatasi diri untuk berjejaring dan perkuat jejaring anda karena mendapatkan mentor bisa dimana pun selama mengerti visi bisnis dan yang terpenting memberikan manfaat untuk bisnis anda .

3.Memberi nilai lebih kepada mentor agar mencapai hubungan yang menguntungkan dan sukses dibutuhkan sistem dari kedua arah . Aktif dan kreatif juga akan menambah kedekatan anda dengan mentor sehingga anda akan lebih mudah memahami ilmu ilmu yang mentor berikan .

4.Tentukan ciri khas bisnis yang akan anda bangun

Menentukan ciri khas bisnis yang akan anda bangun memang cukup sulit karena anda akan membutuhkan perjuangan yang lebih lagi . Beda hal nya ketika anda hanya mengambil produk dari orang lain .

Namun saat anda telah menentukan ciri khas bisnis anda maka anda akan memiliki icon khusus dari bisnis anda yang akan di kenal banyak orang .

Karena jika nanti bisnis anda sudah berhasil maka bisnis anda memiliki ciri khas tersendiri . Sehingga ketika dimana pun konsumen anda berada maka bisnis anda lah yang akan di ingat .

Misalnya nya kaya ayam goreng tepung kfc , dipinggir jalan atau di rumah makan biasa pun ada , tetapi kebanyakan orang akan teringat bahwa ayam goreng tepung adalah ciri khas dari menu kfc .

5.Strategi promosi yang tepat

Perhatikan copywriting di dalam promosi anda , copywriting menjadi salah satu pondasi untuk melakukan promosi bisnis anda . Dengan copywriting yang menarik maka promosi anda pun akan semakin terlihat profesional . Setelah itu promosikan bisnis anda sesuai dengan sasaran .

Nah jika keduanya telah anda lakukan maka promosi anda pun sesuai dengan tepat . Dengan copywriting yang menarik dan sasaran yang tepat .

Maka target konsumen pun akan terpacu emosional nya untuk membeli produk atau tertarik mengenal lebih dalam lagi tentang bisnis anda  .

6.Buat laporan keuangan yang rapi

Membuat laporan keuangan merupakan suatu hal yang penting juga di dalam berbisnis . Anda harus membuat laporan keuangan agar bisnis yang anda kelola dapat berjalan dengan semestinya .

Dengan membuat laporan keuangan anda dapat menganalisa perkembangan bisnis anda . Apakah bisnis anda mengalami kenaikan dalam segi pemasukan atau mengalami penurunan .

Misal apakah bulan ini anda mendapatkan laba yang cukup lumayan atau malah kerugian yang anda dapatkan . Jika kerugian yang anda dapatkan maka apa yang harus anda lakukan untuk meningkatkan laba dari bisnis anda .

Misalnya seperti strategi promosi yang harus anda tingkatkan lagi . Masih banyak manfaat lain dari membuat laporan keuangan untuk bisnis anda . Karena didalam bisnis masalah keuangan harus anda perhatikan secara detail  .

Kesimpulan

Untuk memulai bisnis kembali setelah gagal merupakan suatu hal yang wajib anda lakukan  .

Memulai bisnis kembali

Jangan berkecil hati dan menyerah karena dari kegagalan itu lah harusnya anda bangkit bahwa anda mampu menjadi seorang pebisnis . Jadikan kegagalan sebagai pembelajaran agar anda tidak jatuh dengan kesalahan yang sama .

Maka dari itu tidak ada salah nya jika anda mencoba tips tips di atas untuk memulai bisnis kembali .

Sekian semoga bermanfaat

 

Siti Holipah

Berusaha memberikan informasi yang bermanfaat , semoga artikel ini menjadi jawaban untuk anda semua :)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *