4 Tips Agar Tidak Mudah Merasa Insecure Berlebihan

Merasa Insecure kata yang lebih sering terucap dari mulai anak baru gede atau abg sampai orang dewasa atau yang baru menginjak dewasa .Tetapi biasanya insecure akan lebih mudah dirasakan oleh usia produktif .

Pada masa produktif ini otak kita akan otomatis berpikir bahwa pada usia produktif kita harus sudah mulai membangun dan mengambil jalan yang akan kita tempuh untuk masa depan .

Sering dari kita mendengar bahwa usia produktif adalah waktu nya kita bercocok tanam dan kelak dimasa tua kita bisa memetik hasil nya .

Namun tidak semua orang bisa melakukan nya secara mulus , tidak semua orang berada di garis finish yang sama .

Nah dari sana seharusnya kita bisa mengambil sisi positif bahwa semua orang punya waktu nya masing masing .

Merasa insecure

Mungkin hari ini teman kamu sudah mendapat pekerjaan , sudah berjalan dengan mimpinya , ada juga yang sudah menyelesaikan pendidikannya tepat waktunya atau teman teman mu sudah pada menikah  .

Sedangkan kamu masih sibuk mencari jati diri , kamu baru memulai membangun bisnis online mu mengejar mimpi mu dan masih berjuang dengan gelar mu ada juga yang baru mau masuk kuliah .

Apapun itu yang sedang kamu jalanin kamu hanya fokus terhadap usaha kamu . Kita semua hanya perlu tumbuh dan berkembang . Karena kita mempunyai jalan cerita indah masing masing .

Dengan begitu kita tidak perlu merasa insecure dengan atas apa pencapaian seseorang . Merasa sering insecure adalah suatu bumerang untuk diri kamu .

Kamu akan sulit berkembang jika kamu sering merasa insecure karena kamu kehilangan rasa percaya pada diri kamu .

Berikut beberapa cara agar tidak mudah merasa insecure

1.Batasi scroll sosial media

Bermain sosial media memang bisa menghilangkan sedikit rasa kejenuhan . Tidak bisa di pungkiri di sosial media banyak hiburan yang bisa membuat kita tertawa .

Namun jika kita tidak pandai pandai menggunakan sosial media , maka sosial media ini akan menjadi salah satu sumber tersebarmu merasa insecure .

Sebenarnya tidak ada yang salah dalam postingan seseorang orang mau postingan tentang pencapaian tentang kehidupannya pun tidak bermasalah .

Scroll media sosial

Tergantung bagaimana cara pandang kita terhadap postingan tersebut , jika kehidupan nya bisa memotivasi kedalam hidup kamu banyak nilai positif yang bisa kita ambil maka ikutilah .

Namun jika malah sebaliknya maka sebaiknya kamu menghindari nya karena itu akan membuat kamu membandingkan hidup kamu dengan orang lain dan timbulah rasa insecure .

2.Fokus kepada tujuan hidup diri sendiri

Semua orang punya mimpi , semua orang ingin tumbuh dan berkembang . Sekarang waktunya kamu mewujudkan itu semuanya .

Fokus terhadap apa yang ingin kamu wujudkan , terus berusaha dan berdoa . Semoga apa yang kamu usahakan adalah takdirmu .

Pada masa masa berjuang dengan masa depan mu , kamu hanya perlu fokus pada satu titik tujuan hidup kamu dan kamu harus tetap mengelola rasa percaya diri bahwa kamu dapat melakukannya .

3.Menghargai diri sendiri

Perlu sekali kamu menghargai diri kamu sendiri , menghargai atas apa yang telah kamu lakukan dan atas apa yang telah kamu capai walaupun kecil kamu harus tetap menghargai dirimu .

Berterima kasih kepada diri sendiri itu adalah salah satu hal yang harus kamu lakukan . Agar kamu sadar bahwa diri kamu berharga dan hebat .

Dan itu bisa menjadi kekuatan untuk diri kamu sendiri agar lebih kuat menghadapi tantangan selanjutnya .

4.Bersyukur

Kunci dari kehidupan adalah bersyukur , dengan bersyukur kamu bisa menerima segala kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri kamu .

Bersyukur membuat kamu tidak akan pernah membandingkan hidup kamu dengan hidup orang lain . Rasa syukur membuat hidup menjadi lebih tentram .

Maka dengan itu kita harus menjadi orang yang pandai bersyukur . Rasa syukur akan membuat kita menjadi seseorang yang bisa menghargai sesuatu walaupun itu sangatlah kecil .

Jadi jangan lupa bersyukur atas apa apa yang telah kamu miliki sekarang , atas pencapaian mu walaupun kecil menurut tetaplah bersyukur .

Kesimpulannya

Memang tidak bisa di pungkiri saat masa masa produktif seperti ini akan mudah merasa insecure . insecure ini sah sah saja jika kamu lakukan hanya sesekali untuk bahan evaluasi diri dan menjadikan dirimu lebih baik .

Namun jika dilakukan secara terus menerus dan berlebihan maka itu berpengaruh kepada perkembangan hidup kamu .

Seharusnya insecure ini tidak terjadi jika kita bisa merubah cara pandang dan pola pikir kita terhadap sesuatu . Tidak mudah memang tapi kita bisa berusaha .

Dan intinya satu jangan pernah berhenti untuk bersyukur .

Sekian semoga bermanfaat .

 

sihop

Terima kasih telah berkunjung ke website kami Salam hangat dari mimin

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *